Kurang Efisiensi Ruang Tunggu Pelayanan  Plat Seri di Samsat Jakarta Barat 

53

Lokasi pelayanan plat seri di Samsat Jakarta Barat berlokasi Jl. Daan Mogot Jakarta Barat

SuaraAksiRakyat.com, Jakarta,- Samsat Jakarta Barat berlokasi di Jl. Daan Mogot No.130 Kel. Cengkareng Timur Kec. Cengkareng, Kota Jakarta Barat 11739. Dengan luas daerah 129,5 KM2, dengan jumlah penduduk 2.470.054 (Sensus Kependudukan). Pelayanan berlaku pada hari Senin-Jumat pada pukul 8:00 – 15:00 Wib, kecuali pada hari Jum’at dibuka pada pukul 08:00-11:00 Wib lalu dibuka kembali 13:00 Wib, untuk tanggal merah dan hari Sabtu pelayanan diliburkan.

“Muhammad Yani (38) dari kelapa Dua, Kebon jeruk, Jakarta Barat mengurus perpanjangan kendaraannya di Samsat Jakarta Barat menuturkan bahwa sudah mengetahui keberadaan plat yang baru. Tetapi kondisi pengunjung wajib pajak untuk berteduh kurang memadai dikarenakan bangku antrian yang kena sinar matahari panas sehingga banyak wajib pajak yang berkerumun kedepan loket pada hari Kamis, 06/06/2024. Yani meminta pihak terkait atau pimpinan Samsat Jakarta Barat memberikan penutup atap yang baik untuk berteduh dan duduk yang nyaman,” tuturnya.

Dalam regulasi pendaftaran kendaraan baru, perpanjangan, balik nama diseluruh Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) pergantian TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) sudah mulai diberlakukan sejak pertengahan tahun 2022. Sebagimana yang tertuang dalam Peraturan Kepolisian No.7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi kendaraan bermotor pasal 45.

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia sudah mengetahui akan keberadaan pergantian plat nomor dasar berwarna putih dengan tulisan berwarna hitam.

“Biro jasa Iwan menuturkan bahwa atap penyangga yang kurang memadai sehingga tempat duduk dikala musim panas dan hujan kurang efektif. Tapi ada manfaatnya dikalau musim panas, bangku yang seharusnya menjadi tempat duduk wajib pajak dipakai untuk menjemur plat seri supaya kering dari cat yang menempel di plat seri,” kata Iwan.

“Dalam pantauan Media Online SAR ke lokasi keberadaan tempat pelayanan pembuatan Plat Seri kendaraan bermotor, serta menanyakan kepihak loket pendaftaran dan dilihat memang kurang layak serta tidak memungkin duduk di ruang tunggu wajib pajak. Sehingga banyak wajib pajak memilih tidak duduk dibangku yang disediakan dikarenakan panas matahari yang menyengat dan kurangnya atap bangunan sehingga memilih berkerumun didepan loket pelayanan. Saat dikonfirmasi media pihak petugas loket enggan menanggapi soal ruang tunggu Plat Seri,” tutupnya.

Helmi S.Kom